Penyebab Kinerja PC/Laptop Kamu Menurun


Apakah kamu pernah mengalami, ketika membuka salah satu software di PC atau Laptop terasa sangat lama sekali?? atau bahkan sering not responding?? Pastinya kejadian tersebut akan mengganggu aktivitas kamu yang setiap hari berada di depan Komputer. Maka, untuk itu kamu harus tahu penyebab kinerja PC atau laptop kamu menurun. Mari kita simak dibawah ini :

  1. File Sampah Yang Menumpuk

  2. Seringkali ketika kita menghapus file tidak secara permanen, maka otomatis file tersebut akan tersimpan di Recycle Bin. Semakin banyak file yang terdapat di Recycle Bin maka akan membuat kinerja komputer menurun.

  3. Kapasitas Harddisk Yang Sudah Penuh

  4. Kapasitas Harddisk juga harus dipantau. Aplikasi dan file-file yang tidak penting harus dihapus untuk mengurangi kapasitas Harddisk. Kamu juga harus memperhatikan kesehatan pada harddisk, jika harddisk yang kamu miliki ternyata sudah terdapat badsector maka cepat-cepatlah backup file-file penting kamu.
     
  5. Spesifikasi Komputer Sudah Jadul

  6. Software yang selalu di perbaharui pastinya juga membutuhkan spesifikasi Komputer yang baru juga. Jika spesifikasi Komputer kamu sudah jadul maka kinerja aplikasi tidak akan maksimal.
     
  7. Kapasitas RAM Kurang

  8. Kamu pasti pernah membuka banyak aplikasi sekaligus. Dan terpikir "Kenapa kok tiba-tiba Komputer saya loadingnya lama bahkan terkadang not responding?". Itu dikarenakan kapasitas RAM sudah terpakai semua untuk multitasking aplikasi yang di pakai. Jadi kamu harus menutup aplikasi yang sudah tidak terpakai agar tidak membebani kapasitas RAM.
     
  9. Terdapat Virus di PC

  10. Virus juga sering berperan untuk membuat Komputer kinerja PC melambat. Virus ini seringkali berjalan di belakang layar dan akan membebani RAM. Komputer harus selalu di scan menggunakan antivirus yang selalu update untuk menghilangkan dan mencegah virus.
     
  11. Terdapat Kotoran di Komponen Komputer

  12. Selalu cek kebersihan komponen-komponen Komputer kamu. Karena debu atau kotoran-kotoran kecil dapat mengganggu kinerja hardware di Komputer. Jangan sembarang pegang komponen Komputer ya sob, karena terdapat komponen PC yang sensitif terhadap sentuhan tubuh kita.

Itulah penyebab kenapa Komputer kamu lemot. Mungkin ada lagi penyebab yang lain, tapi kebanyakan saya menemui kejadian seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »