Tips Memulai Bisnis Jualan Online Dengan Bermodalkan Uang 1 Juta Rupiah


Halo sob. Pada artikel kali ini saya akan memberikan sebuah tips untuk memulai bisnis berjualan online hanya dengan bermodalkan uang 1 juta.  

Loh, emang bisa?? Pasti bisa sob, asal ada kemauan dari dirimu sendiri.

Sedikit cerita, dulu saya memulai bisnis ini hanya bermodalkan uang sekitar 700 ribu. Bisnis yang saya terapkan adalah jual-beli online barang elektronik bekas dan aksesoris gadget. Jadi yang saya jual adalah Smartphone, Laptop, Playstation, dll. Pada waktu itu pun saya masih duduk di bangku SMK kelas 11 semester awal. Dan Alhamdulillah saya bisa meraup untung yang lumayan dari bisnis jualan online ini.

Untuk yang ingin menambah uang jajan, kamu bisa memulai bisnis jualan online ini. Kamu pun tidak perlu perangkat yang canggih untuk mempromosikan barang yang akan kamu jual, karena dulu saya hanya memakai hp java, yang penting sih bisa internet ya sob. Padahal dulu smartphone sudah merajarela. Nah, berikut ini tips agar bisnis yang akan kamu mulai bisa sukses.

  1. Percaya Diri
  2. Kamu harus percaya dengan bisnis usaha ini untuk mencapai impian. Karena jika kamu tidak percaya diri, pasti bisnismu akan mati di tengah jalan. Niat juga diperlukan untuk menambah keyakinan kamu.

    Ibaratkan kamu sedang berada dalam kegelapan, dan terdapat setitik cahaya diujung kegelapan itu. Maka kamu harus terus berlari ke arah cahaya itu, untuk keluar dari kegelapan dan mencapai kesuksesan itu sendiri.

  3. Jangan Takut Rugi
  4. Dulu ketika saya awal-awal memulai bisnis jual-beli online, saya mengalami rugi yang lumayan banyak. Jadi, anggap saja rugi itu adalah suatu hal yang lumrah dalam dunia bisnis jualan online. Setiap bisnis yang dilakukan pasti akan mengalami kerugian, tergantung bagaimana kamu bisa menutupi kerugian itu.

  5. Mempunyai Banyak Channel 
  6. Bertemanlah dengan sesama teman jualan online. Tujuannya yaitu agar kamu bisa mendapatkan banyak informasi dan saling berbagi. Meskipun saling bersaing dalam berjualan, tapi jangan sampai kita tidak mempunyai teman dalam berbisnis.

  7. Kuasai Harga Pasar
  8. Maksud dari hal ini adalah kamu harus tau modal awal dari barang yang akan kamu beli dan berapakah harga jual yang pantas untuk barang yang akan kamu jual. Itulah gunanya poin nomor 3 tadi, kamu bisa mengetahui harga itu dari teman-temanmu sendiri dan kamu bisa membandingkannya.

  9. Manfaatkan Trend Zaman Sekarang
  10. Nah, ini juga penting sob. Karena jika kamu menjual barang yang sudah tidak trend lagi. Maka bisa dipastikan bahwa barang kamu akan laku lama. Karena anak-anak muda sekarang lebih suka mengikuti trend zaman sekarang meskipun agak aneh" gitu, hahaha.

  11. Promosi ke Media Sosial
  12. Jual beli online pasti harus melakukan promosi ke media sosial ya sob. Buatlah iklan promosi yang menarik agar konsumen penasaran dan akhirnya ingin membeli produk yang kamu beli. Pada poin ini jangan sampai malas melakukan promosi sob. Karena jika kamu malas, maka barangmu akan susah lakunya.

  13. Membuka Toko
  14. Maksud dari poin ini adalah kamu bisa membuat toko online maupun membuat toko di dunia nyata. Membuat toko online pun caranya tidaklah susah seperti yang kamu bayangkan. Kamu bisa memanfaatkan situs gratis seperti blogspot ataupun wordpress.

    Sedangkan jika kamu ingin membuka toko didunia nyata, kamu bisa memanfaatkan event" yang banyak orang untuk mempromosikan barang yang kamu jual. Contoh event yang paling banyak dimanfaatkan oleh para penjual adalah Car Free Day. Cara ini menurut saya paling manjur, karena saya pernah mencobanya dan terbukti penghasilan saya dalam sehari bisa 3 sampai 5 kali lipat dari hari biasanya.

Itulah tips untuk kalian yang ingin membuka usaha, tetapi dengan modal sedikit. Keren kan, jika kalian masih sekolah dan sudah menghasilkan uang sendiri. Pastinya tanpa ikut orang lain, Ingat!!! Kesuksesan itu datang dari dirimu sendiri.

Meskipun saya sekarang sudah tidak lagi berjualan online dan memutuskan untuk menjadi blogger, tapi Insyaallah di artikel-artikel selanjutnya saya akan share pengalaman lainnya tentang Jualan online ini.

Semoga Bermanfaat.
Previous
Next Post »